TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

KOMENTAR TERBARU

02 Agustus 2016

Rida Farida, Nyaman setelah Berhijab

Di balik hijab selebritas Indonesia, tersimpan banyak cerita. Ada yang sekadar cari sensasi, tak sedikit mengejar popularitas. Namun, tidak bagi penyanyi yang satu ini.


Ya, Rida Farida. Sekian lama berkiprah di dunia hiburan, mantan personel grup vokal Rida, Sita, Dewi (RSD) itu memutuskan berhijab 10 tahun lalu. Kepada Cahaya Al Aqsha, wanita kelahiran Cimahi 9 Oktober 1971 itu berbagi kisah di balik keputusannya berhijab. 

“Ada momen-momen mungkin saat itu lagi banyak cobaan luar dalam. Saat yang sama Rida lagi senang baca buku sifat-sifat Allah. Udah gitu di TV juga lagi sering nonton acara pokoknya religius, serem-serem,” kata Rida menceritakan awal memutuskan berhijab. 

Seringnya membaca buku sifat-sifat Allah Swt dan tayangan televisi religius membuat Rida gelisah. Apa yang dia baca dan lihat, merasuk hingga ke hati. Larut malam, dia tiba-tiba menangis sesenggukan. Yang terpikir saat itu adalah tobat, dan mulai berhijab. 

“Pada saat baca malam-malam, mungkin karena suasana hati. Sambil baca, nonton mayat yang belatung, tahu-tahu langsung ke hati, kepala semua, nangis sesenggukan. Yang kepikiran selain tobat, aku harus pake hijab,” ujar ibu satu anak itu. 

Saat itu juga, Rida memutuskan berhijab. Dia lantas mengabari suaminya lewat telepon. “Pas memutuskan berhijab, dia (suami) bilang Alhamdullillah. Yang pasti pesennya jangan bongkar pasang,” kata istri Jackie Zakaria itu.

Rida kini memang berbeda. Dia kian mantap berhijab. Bagi dia, hijab mempertegas identitas seorang muslimah. Dengan berhijab, ibu satu anak itu mengaku merasa lebih nyaman dan aman. Pengalaman baru pun dia peroleh setelah memutuskan hijrah.

“Lebih nyaman, lebih aman. Sekarang orang lebih banyak memanggil nuhun Bu Haji, amiin. Jadi menyenangkan sekali didoakan banyak orang untuk menjadi bu haji,” kata Rida.

Rida pun mengaku tidak takut kehilangan rezeki setelah memutuskan berhijab. Memang, awalnya dia sempat kesulitan mendapatkan job menyanyi. Namun niat yang kuat dan ikhlas membuahkan titik terang. Berbagai tawaran pekerjaan pun datang dengan sendirinya. 

“Udah sempat juga dengar dari orang lain yang pakai hijab, mereka yang sudah memakai hijab itu salah satunya adalah ditolak job, jadi ya udah gak apa-apa. Setelah ke sini, ke sini, ke sini udah ikhlas Insya Allah, akhirnya malah lebih variatif job-jobnya,” ujar Rida.

Rida sempat menjadi presenter di MQ TV dan STV. Dia juga aktif menjadi guru vokal pada sebuah sekolah musik di Cimahi yang lokasinya dekat dengan rumah. Bahkan, pada 2013 silam, Rida menelurkan buku bertajuk ‘Hijab Addicted, Saya, Gaya Saya, dan Hidup Saya’.

“Sekarang pengin lebih ke fesyen. Sementara, masih ada jiwa yang ingin dikeluarin, tinggal prung. Waktunya yang susah. Kita pengin lebih ke hijab sama baju muslim namanya R.1.D.A gitu,” tutur Rida soal rencananya ke depan. 



Selain bidang fesyen, Rida pun ingin meluncurkan album sendiri. Tentu saja bernuansa religi. Dia juga punya cita-cita membuat sekolah musik khusus bagi anak-anak tidak mampu. 

“Pengin bikin di rumah (sekolah musik) tapi untuk yang gak mampu. Yang masuk dipilih dulu, bakat bagus tapi gak beruntung. Pengin kalo ada rezeki mah, anak-anak jalanan atau apa. Makin cepat terealisasi, kian baik. Terakhir, pengin jadi lebih baik, belajar agama jadi lebih baik lagi,” pungkas Rida. (tigin ginulur)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar

Kabar Terpilih

Rida Farida, Nyaman setelah Berhijab

Di balik hijab selebritas Indonesia, tersimpan banyak cerita. Ada yang sekadar cari sensasi, tak sedikit mengejar popularitas. Namun, ti...

Standings provided by whatsthescore.com

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra